Kegiatan Tahun 2023

PROSES PENILAIAN CALON PRAMUKA GARUDA KWARRAN PANONGAN

Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka garuda.

Seorang anggota Pramuka yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir Ranting melalui gugusdepannya untuk dapat mengikuti penilaian Pramuka Garuda dapat mencapai kecakapan Pramuka Garuda.

Adapun Gugus Depan yang meminta pengajuan Pramuka Garuda di wilayah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Panongan, diantaranya:

  • Pramuka Garuda Golongan Siaga:
    1. SDIT Aya Shopia Islamic School, berjumlah 16 orang
  • Pramuka Garuda Golongan Penggalang:
    1. SMPN 2 Panongan, berjumlah 11 orang
    2. SMP Aya Shopia Islamic School, berjumlah 32 orang
    3. SMP Citra Nusantara, berjumlah 7 orang
  • Pramuka Garuda Golongan Penegak :
    1. SMK Citra Nusantara, berjumlah 6 orang

Setelah mengajukan permohonan, gugusdepan membentuk Tim Penilai Pramuka Garuda yang terdiri dari Ketua Gudep, Pembina Gudep, Perwakilan Orang Tua, Andalan Ranting Panongan yang di tugaskan oleh Ketua Kwarran dan Tokoh Masyarakat.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kak Sarmin, S.Pd., MM. Memberikan tugas kepada :

  1. Kurniawan Dwi Sariti, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Siaga)
  2. May Dwi Rahmawati, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Siaga)
  3. Cokro Mulyono, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Pengggalang)
  4. Puji Hastuti, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Penggalang)
  5. Lukman Nulhakim, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Penggalang)
  6. Muhamad Khotib, S.Pd (Tim Penilai Pramuka Penegak)

Tim Penilai akan mengevaluasi calon anggota Pramuka Garuda itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental ataupun sisi kelayakan persyaratan dengan mengutus beberapa Pengurus Kwarran Panongan ke Gugus Depan yang mengajukan permohonan  Pramuka Garuda.

Selanjutnya Pengurus Kwarran Panongan akan memberi catatan dan masukan kepada Gugus Depan sebelum di verifikasi oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang.

Pada hari Selasa, 01 Agustus 2023 para calon Pramuka Garuda Kwarran Panongan datang ke Tigaraksa untuk  mengikuti verifikasi Pramuka Garuda Golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega khusus wilayah 1 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang tahun 2023. (NHm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *